LPKA Palu Pastikan Pembinaan Lebih Sehat dan Aman -->

LPKA Palu Pastikan Pembinaan Lebih Sehat dan Aman

04 Oktober 2024, 18:21
Bangkapost – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) semakin menunjukkan keseriusan dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan anak binaannya, Jumat, (4/10/2024).

Di tengah berbagai program pembinaan yang dijalankan, aspek kesehatan menjadi perhatian utama. Mulai dari pemeriksaan rutin hingga penyediaan fasilitas kebersihan yang memadai, LPKA Palu berkomitmen menciptakan lingkungan yang sehat dan aman bagi setiap anak yang berada di dalamnya.

Kepala LPKA Palu, Mohammad Kafi, menegaskan pentingnya pendekatan holistik dalam pembinaan, di mana kesehatan fisik dan mental menjadi fondasi utama bagi perkembangan mereka. “Kami ingin memastikan bahwa setiap anak tidak hanya mendapatkan pembinaan yang baik secara akademik dan keagamaan, tetapi juga terjaga dari sisi kesehatan. Ini adalah komitmen kami untuk memberikan pembinaan yang lebih menyeluruh,” ujar Kafi dengan penuh keyakinan.

Kesehatan anak binaan di LPKA Palu tak hanya diperhatikan melalui pelayanan medis, tetapi juga dari pola hidup bersih yang terus digalakkan. Setiap anak binaan dibekali dengan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan diri serta lingkungan. Mereka diajarkan untuk lebih peduli pada kesejahteraan fisik, yang akan membentuk kebiasaan baik saat mereka kembali ke masyarakat.

Komitmen ini mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar. “Pembinaan yang baik dimulai dari kesehatan yang baik. Langkah LPKA Palu ini patut diapresiasi sebagai upaya nyata untuk memastikan anak-anak binaan tumbuh dalam lingkungan yang mendukung kesejahteraan mereka,” tegas Hermansyah seraya memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran LPKA Palu.

lebih lanjut, Hermansyah menambahkan bahwa kesehatan menjadi prioritas utama seluruh jajaran Kemenkumham Sulteng , “Kesehatan adalah hak setiap anak. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bersama-sama menciptakan kondisi yang optimal bagi mereka. Dengan kesehatan yang terjaga, anak-anak dapat lebih baik beradaptasi dan berkembang, baik saat di LPKA maupun ketika kembali ke masyarakat," tambah Hermansyah

Sejumlah program tambahan, seperti pengecekan kesehatan rutin dan pemberian fasilitas sanitasi, juga diterapkan guna meminimalisir risiko penyakit di dalam lingkungan pembinaan. LPKA Palu percaya, dengan kondisi fisik yang sehat, anak binaan dapat lebih fokus menjalani berbagai program pembinaan lainnya.

Langkah nyata yang diambil oleh LPKA Palu ini menjadi bukti bahwa kesehatan adalah prioritas utama. Di tengah tantangan yang ada, LPKA Palu terus bergerak untuk menciptakan perubahan positif, memberikan yang terbaik bagi generasi penerus yang sedang menjalani proses pembinaan.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 

TerPopuler