Perkuat Imun Tubuh Petugas, Rupbasan Kupang Gelar Kegiatan Jalan Sehat -->

Perkuat Imun Tubuh Petugas, Rupbasan Kupang Gelar Kegiatan Jalan Sehat

13 September 2024, 12:27
Bangkapost - Sebagai upaya untuk memperkuat imun atau kekebalan tubuh petugas, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Kupang menggelar kegiatan jalan sehat, Jumat (13/09). Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Rupbasan (Karupbasan) Kupang, Sahid Andriyanto Arief, dan mengikutsertakan seluruh Petugas.

Jalan sehat tersebut dimulai dari halaman kantor Rupbasan Kupang, berjalan menyusuri area perumahan Liliba dan kemudian berakhir kembali di Rupbasan Kupang.

Karupbasan Kupang, Sahid Andriyanto Arief, pada kesempatan ini menyampaikan bahwa jalan sehat merupakan salah satu kegiatan olahraga yang sangat sederhana. Namun, sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan tulang, mengurangi stres, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

"Olahraga ini sangat mudah untuk dilaksanakan. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk diikuti oleh seluruh pegawai, sehingga saya mewajibkan seluruh Petugas Rupbasan Kupang untuk mengikutinya. Ini penting untuk menunjang kesehatan mereka, karena mereka akan memiliki sistem imun yang tinggi, yang mampu menyerang berbagai agen penyakit," ujar Andriyanto.

Lebih lanjut, Andriyanto menjelaskan bahwa olahraga jalan sehat juga akan membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, jalan sehat juga memiliki manfaat yang besar dalam mencegah terjadinya pikun pada seseorang.

Dihadapan seluruh Petugas, Andriyanto berharap agar kegiatan jalan sehat seperti ini harus menjadi bagian dari kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap minggu, karena apabila terjadi demikian, hal tersebut akan mampu meningkatkan kinerja Petugas.

"Hampir setiap hari kita memiliki banyak kesibukan kerja yang nantinya membuat kita malas untuk berolahraga. Oleh karena itu, jalan sehat harus menjadi olahraga rutinitas setiap minggu, khusus dilaksanakan pada hari Jumat, sehingga kesibukan yang menguras tenaga, otak, dan imun tubuh, dapat dipulihkan kembali demi terwujudnya peningkatan kinerja kerja kita," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Administrasi dan Pemeliharaan (Minhara), Imang Blegur, pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa olahraga jalan sehat merupakan olahraga yang mampu melatih kembali otot-otot kaki, sehingga mengurangi risiko cedera, terutama pada bagian lutut dan pergelangan kaki.

"Dalam aktivitas sehari-hari, kebanyakan Petugas terlalu sering menggunakan kendaraan bermotor dan jarang untuk berjalan kaki, sehingga otot-otot kaki jarang dilatih. Dengan jalan sehat, otot-otot kaki akan kembali dilatih, dan tentunya akan terhindar dari risiko cedera, khususnya di bagian lutut dan pergelangan kaki," ungkap Imang.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone.

Dari tempat yang berbeda, Marciana berharap agar kegiatan jalan sehat yang dilaksanakan Rupbasan Kupang dapat menjadi contoh bagi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi di wilayah NTT, karena baginya kesehatan sangat penting untuk dimiliki setiap Petugas demi terciptanya produktivitas kerja. 

- Rupbasan Kupang 

TerPopuler