Gandeng Dinas Kesehatan Dan PKBI, Rutan Palu Lakukukan VCT Mobile Dan Screening Hepatitis C, HIV AIDS Serta Siphilis -->

Gandeng Dinas Kesehatan Dan PKBI, Rutan Palu Lakukukan VCT Mobile Dan Screening Hepatitis C, HIV AIDS Serta Siphilis

27 Juli 2024, 13:35
Bangkapost – Dalam upaya pencegahan penyakit menular seksual dan Hepatitis C, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas Birobuli serta tim dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) mengadakan kegiatan VCT (Voluntary Counseling and Testing) Mobile dan screening penyakit Hepatitis C bagi ratusan tahanan baru di Rutan Palu, Jum’at, (26/7).

Kegiatan VCT Mobile dan screening Hepatitis ini bertujuan untuk memberikan fasilitas layanan tes HIV kepada para tahanan baru, sekaligus memberikan edukasi mengenai pentingnya pencegahan dan penanganan HIV/AIDS, Siphilis dan Hepatitis serta penyakit menular lainnya. Dengan adanya VCT Mobile dan screening, diharapkan dapat mendeteksi dini kasus penyakit menular seksual dan hepatitis, serta dapat mencegah penularannya di lingkungan sekitar Rutan Kelas IIA Palu.

Kepala Rutan Kelas IIA Palu, Yansen mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya preventif yang rutin dilakukan oleh pihak Rutan dalam rangka menjaga kesehatan para warga binaannya. Kegiatan VCT Mobile ini diikuti oleh seratus dua (102) orang warga binaan yang bertempat di Aula Pogombo Rutan Kelas IIA Palu.

"Kegiatan VCT Mobile ini rutin kami lakukan kepada tahanan yang baru masuk sebagai bentuk kepedulian kami dengan kesehatan para warga binaan Rutan. Kegiatan VCT Mobile dan screening ini adalah salah satu bentuk upaya kami untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan layanan kesehatan yang layak, termasuk dalam hal pencegahan HIV/AIDS dan penyakit infeksi menular seksual lainnya,” ungkap Yansen.

Di temui di tempat lain, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar juga mengungkapkan sangat mendukung kegiatan VCT Mobile ini, ia selalu mengingatkan kepada petugas kesehatan untuk terus menjaga diri dalam bekerja dan selalu jalin koordinasi yang baik dengan instansi kesehatan lainnya. 

- Rutan Palu 

TerPopuler