Lakukan Trolling, Petugas Rutan Palu Beri Dukungan Positif Kepada Warga Binaan -->

Lakukan Trolling, Petugas Rutan Palu Beri Dukungan Positif Kepada Warga Binaan

29 Juni 2024, 11:49
Bangkapost – Implementasikan Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju dan Back to Basics, petugas pengamanan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) lakukan kontrol keliling (trolling), Sabtu (29/6). Selain sebagai bantuk deteksi dini ganggung kemanan dan ketertiban (kamtib), petugas pengamanan juga memberikan dukungan positif kepada waraga binaan.

Pada giat trolling ini, petugas pengamanan, Desemson dan Julio mengawasi langsung kegiatan yang dilakukan oleh warga binaan di lingkungan blok hunian. Disela trolling, petugas memberikan edukasi terkait pola hidup bersih dan sehat serta memberikan dukungan dan motivasi agar warga binaan dapat mengikuti setiap program pembinaan dengan baik.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka.KPR), Muhammad Rias menuturkan selain untuk memastikan warga binaan tidak melakukan kegiatan yang dilarang dan menjaga kondusifitas kamtib, torlling yang dilakukan dapat meningkatkan keakraban antara petugas pengamanan dan warga binaan.

Ditempat berbeda, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar menuturkan bahwa petugas pemasyarakatan harus mampu memberikan dukungan dan kepedulian lewat ungkapan-ungkapan yang positif, mendorong untuk lebih maju, serta mampu memberikan nasihat, saran, maupun petunjuk yang baik kepada warga binaan.

“Perhatian yang diberikan memungkinkan warga binaan memperoleh kedekatan emosional sehingga menimbulkan rasa aman dan nyaman. Hal ini secara tidak langsung dapat menyukseskan setiap program pembinaan yang ada dan tentunya dapat meningkatkan kondusifitas kemanan dan ketertiban dilingkungan kerja,” ujar Hermansyah. 

- Rutan Palu 

TerPopuler