Jajaran Rutan Poso Diimbau Tingkatkan Kesadaran Diri Sukseskan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju -->

Jajaran Rutan Poso Diimbau Tingkatkan Kesadaran Diri Sukseskan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju

28 Juni 2024, 19:38
Bangkapost – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Hermansyah Siregar, memberikan penguatan tugas dan fungsi kepada jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Poso, pada hari Jum’at, (28/6/2024).

Didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Ricky Dwi Biantoro dan Kepala Rutan Poso, Agung Sulistyo, Hermansyah Siregar menekankan pentingnya meningkatkan kesadaran diri bagi seluruh jajaran Rutan Poso untuk menyukseskan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju.

Hermansyah Siregar mengatakan bahwa 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju merupakan program prioritas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) dalam mewujudkan pemasyarakatan yang maju dan bermartabat.

“3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju harus menjadi pedoman bagi seluruh jajaran Rutan Poso dalam menjalankan tugas dan fungsi,” ujarnya.

Hermansyah Siregar menjelaskan bahwa 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju terdiri dari:
1. Deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban;
2. Berantas narkoba;
3. Sinergi dengan aparat penegak hukum; dan
4. Back to basics.

Ia meminta kepada seluruh jajaran Rutan Poso untuk berkomitmen dalam melaksanakan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju tersebut. Kata Hermansyah, hal tersebut dapat terwujud dengan memiliki kesadaran diri dan komitmen yang tinggi.

“Saya minta kepada seluruh jajaran Rutan Poso untuk berkomitmen dan bersinergi dalam melaksanakan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju dengan sebaik-baiknya,” pinta Hermansyah Siregar.

Lebih lanjut, ia juga menyerap aspirasi serta hambatan dalam penunaian tugas dan fungsi sebagai petugas pemasyarakatan.

Rutan Poso yang memiliki jumlah pegawai sebanyak 57 orang serta dihuni 350 orang warga binaan juga diimbau untuk terus berupaya mewujudkan Kemenkumham RI semakin berdampak dan Pasti.

Hermansyah juga menegaskan jajaran Rutan Poso mesti memiliki integritas dan profesionalisme sebagai seorang insan pengayoman.

Ia mengkhususkan agar jajarannnya menghindari kegiatan perjudian, pungutan liar atas layanan serta narkotika.

“Mari kita menjadi insan pengayoman yang berkontribusi besar bagi kemajuan Kementerian yang kita cintai ini, pastikan instansi kita bisa lebih maju lebih baik lagi,” pungkasnya.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 

TerPopuler